Saat kau menganggap sesuatu itu ada,

yang nyatanya tidak…

dan saat orang berpikir kau gila,

namun kau pikir sebaliknya…

Apa yang terjadi?

Itulah dunia ini yang penuh paradox.

Dimana dalam perspektif yang sempit

kita berusaha mencari arti.

Berangkat dari keterbatasan tersebut

diperlukan ruang yang tidak terbatas.

Ruang tersebut penuh dengan privasi

dimana semuanya mungkin terjadi.

Kenapa tidak?

Semuanya ternyata memang mungkin terjadi.

Ayo, gunakan imajinasimu…

Pendayagunaan Open Source Software

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sedemikian pesat telah membawa dampak yang positif dalam era peningkatan kinerja dari berbagai kegiatan yang dilakukan. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi telah digunakan dihampir semua sektor, mulai dari transportasi, perdagangan, ekonomi, manufaktur, pemerintahan, pendidikan, kesehatan hingga pertahanan.

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, informasi tidak lagi mengenal batas-batas negara, berbagai transaksi ekonomi, perbankan hingga komunikasi tatap muka, dengan siapa saja di belahan bumi manapun dapat berlangsung melalui teknologi ini.

Dua aspek penting dari rekomendasi para pakar di Dewan TIK Nasional (DETIKNAS) yang telah dihasilkan dalam mempercepat pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di tanah air. Dua aspek penting tersebut adalah leadership dimana kepemimpinan dalam TIK menuntut komitmen dari para pemimpin pemerintahan, baik dari jajaran pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Aspek kedua adalah infrastruktur informasi nasional dimana aspek ini diperlukan dalam proses pengambilan keputusan yang senantiasa didasarkan pada informasi yang relevan, terkini atau real times, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menyadari akan pentingnya serta semangat untuk membangkitkan inovasi pembangunan TIK di tanah air, sangatlah tepat apabila pendeklarasian program Indonesia, Go Open Source! (IGOS) adalah merupakan upaya dalam meraih kemandirian dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang ditopang dengan tersedianya berbagai pilihan terhadap perangkat lunak (software) yang pada akhirnya dapat dipergunakan oleh masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan salah satu Tugas dari DETIKNAS yaitu “Merumuskan kebijakan umum dan arahan strategis pembangunan nasional, melalui pendayagunaan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK)”.

Panduan Pendayagunaan Open Source Software ini tentunya diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam perumusan kebijakan umum dan arahan strategis dalam penyiapan blue print dan road map teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Dan dengan Buku Panduan ini dapat lebih memudahkan masyarakat dalam mengenal perangkat lunak berbasis open source. Buku panduan ini terdiri atas delapan dokumen yaitu Perangkat Lunak Bebas dan Open Source, Petunjuk Instalasi IGOS Nusantara, Konfigurasi Server Linux, Aplikasi untuk Server, RDBMS (Relational Database Management System): MySQL, Bahasa Pemrograman Open Source, Aplikasi Perkantoran OpenOffice.org, dan CMS, CRM, dan ERP.

Akhir kata, semoga kedelapan Dokumen ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kemampuan masyarakat dalam penguasaan teknologi piranti lunak bebas dan open source.

Dengan semangat “Kreativitas Tanpa Batas” dan maju bersama Indonesia, Go Open Source! Kita besarkan produk aplikasi perangkat lunak Indonesia.

Jakarta, 2008
Ketua Harian Detiknas


Muhammad Nuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar