Saat kau menganggap sesuatu itu ada,

yang nyatanya tidak…

dan saat orang berpikir kau gila,

namun kau pikir sebaliknya…

Apa yang terjadi?

Itulah dunia ini yang penuh paradox.

Dimana dalam perspektif yang sempit

kita berusaha mencari arti.

Berangkat dari keterbatasan tersebut

diperlukan ruang yang tidak terbatas.

Ruang tersebut penuh dengan privasi

dimana semuanya mungkin terjadi.

Kenapa tidak?

Semuanya ternyata memang mungkin terjadi.

Ayo, gunakan imajinasimu…

10 Tip Jitu Menggapai Shalat Khusyuk

Tanya:

Saya ingin bertanya mengenai shalat. Bagaimana caranya agar kita bisa lebih khusyuk dalam shalat? Apabila di saat shalat kita memikirkan hal-hal yang lain atau terbisik dalam hati niat yang lain apakah sah shalatnya ustadz? Ini saja yang saya ingin tanyakan. Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.

Jawab:

Agar Lebih Khusyuk dalam Shalat

Untuk dapat shalat dengan khusyuk memang tidak mudah. Diperlukan usaha yang kuat untuk menggapainya. Beberapa nasihat berikut mudah-mudahan bermanfaat untuk mencapai kekhusyukan dalam shalat.

  1. Berkonsentrasi penuh pada saat hendak bertakbiratul ihram.
  2. Kondisikan hati seakan-akan Allah hadir bersama kita dalam shalat.
  3. Pahami benar bahwa shalat itu adalah munajah, berdoa dan berbicara dengan Allah.
  4. Pusatkan pandangan ke tempat sujud.
  5. Usahakan berpakaian serba putih. Hal ini akan membentuk perasaan ”takut” kepada Allah bagi orang yang selama ini kurang khusyuk dalam shalat.
  6. Lakukan shalat dalam kondisi yang tenang (tidak bising/berisik). Jauhkan hal-hal yang mengganggu shalat seperti suara TV, radio, keributan anak-anak dan lainnya.
  7. Pahamilah apa yang kita ucapkan dalam shalat, sehingga kita pun terhanyut dalam kelezatan munajah dengan sang Pencipta alam jagat raya.
  8. Sering-seringlah mengisi kehidupan dengan hal-hal yang berkaitan dengan agama.
  9. Tumbuhkan rasa benci terhadap maksiat dan rasa senang terhadap kebaikan.
  10. Bila bertemu dengan saudara-saudara kita yang taat kepada Allah dan senang melakukan kebaikan, usahakan Anda terharu dan berusaha dekat dengan mereka. Jika perlu, berusahalah untuk membantu mereka sesuai kapasitas/ kemampuan Anda. Iringi kebahagiaan Anda dengan doa agar anak-anak kita dan saudara-saudara kita yang lain turut mendapat hidayah seperti orang tersebut.

Menurut saya, tidak khusyuk dalam shalat adalah penyakit besar yang harus kita obati secepatnya dan tidak boleh kita biarkan. Di antara hal-hal yang menyebabkan ketidakkhusyukan adalah orang tersebut: kurang mengenal Allah, tidak memahami arti dan tujuan shalat, kurangnya rasa takut terhadap neraka dan rasa harap akan surga, serta jarang sekali melaksanakan amar ma’ruf dan nahi mungkar dalam kehidupan.

Batalkah Shalat Orang yang Tidak Khusyuk?

Apabila seseorang dengan sengaja memikirkan hal-hal di luar shalat untuk mengisi shalatnya maka shalatnya menjadi batal. Apabila kalau dalam hatinya ada niat yang lain, misalnya berniat untuk menarik simpati orang lain dengan bergabung dalam shalat, maka shalatnya tertolak. Begitu juga orang yang mencari pujian melalui shalat. Shalat demikian tentu saja tidak diterima oleh Allah SWT.

Adapun tentang orang yang secara tidak sengaja memikirkan urusan lain sementara dia shalat, maka shalatnya tidak batal tapi kualitasnya kurang karena orang tersebut termasuk kurang khusyuk. Waallahu Ta’ala a’lam.

Rusli Hasbi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar